BAGAIMANA CARA MEMBUAT BATA RINGAN AAC SEPERTI HEBEL ?

BAGAIMANA CARA MEMBUAT BATA RINGAN AAC SEPERTI HEBEL
bata ringan ala hebel

bata ringan ala hebel
pori pori aac flyash
aac fly ash

Bata ringan/Beton Aerasi/Hebel/AAC

Posted by Hakiki Sumber : http://hakikigavrila.wordpress.com

Teknologi material bahan bangunan berkembang terus, salah satunya beton ringan aerasi (Aerated Lightweight Concrete/ALC) atau sering disebut juga (Autoclaved Aerated Concrete/ AAC). Sebutan lainnya Autoclaved Concrete, Cellular Concrete, Porous Concrete, di Inggris disebut Aircrete and Thermalite.

Beton ringan AAC ini pertama kali dikembangkan di Swedia pada tahun 1923 sebagai alternatif material bangunan untuk mengurangi penggundulan hutan. Beton ringan AAC ini kemudian dikembangkan lagi oleh Joseph Hebel di Jerman di tahun 1943. Di Indonesia sendiri beton ringan mulai dikenal sejak tahun 1995, saat didirikannya PT Hebel Indonesia di Karawang Timur, Jawa Barat

Adonannya terdiri dari pasir kwarsa, semen, kapur, sedikit gypsum, air, dan alumunium pasta sebagai bahan pengembang (pengisi udara secara kimiawi). Setelah adonan tercampur sempurna, nantinya akan mengembang selama 7-8 jam. Alumunium pasta yang digunakan dalam adonan tadi, selain berfungsi sebagai pengembang ia berperan dalam mempengaruhi kekerasan beton. Volume aluminium pasta ini berkisar 5-8 persen dari adonan yang dibuat, tergantung kepadatan yang diinginkan. Adonan beton aerasi ini lantas dipotong sesuai ukuran.

Adonan beton aerasi yang masih mentah ini, kemudian dimasukkan ke autoclave chamber atau diberi uap panas dan diberi tekanan tinggi. Suhu di dalam autoclave chamber sekitar 183 derajat celsius. Hal ini dilakukan sebagai proses pengeringan atau pematangan.

Saat pencampuran pasir kwarsa, semen, kapur, gypsum, air, dan alumunium pasta, terjadi reaksi kimia. Bubuk alumunium bereaksi dengan kalsium hidroksida yang ada di dalam pasir kwarsa dan air sehingga membentuk hidrogen. Gas hidrogen ini membentuk gelembung-gelembung udara di dalam campuran beton tadi. Gelembung-gelembung udara ini menjadikan volumenya menjadi dua kali lebih besar dari volume semula. Di akhir proses pengembangan atau pembusaan, hidrogen akan terlepas ke atmosfir dan langsung digantikan oleh udara. Nah, rongga-rongga udara yang terbentuk ini yang membuat beton ini menjadi ringan.
Biaya Pasangan Dinding

Bata ringan hebel dijual per m3 sudah diatas Rp1.200.000. Untuk material dinding ukuran yang lazim adalah 20x60cm dengan ketebalan 7cm dan 10 cm atau lebih. Bila memilih bata ringan Hebel ketebalan 10cm berarti 1m3 terdiri dari 83 bata ringan @Rp14.500,- per bata.

1m2 dinding membutuhkan 8,5 bata atau senilai Rp123.250,- per m2


PRODUKSI BATA RINGAN AAC FLY ASH NON AUTOCLAVE

======================================
VIDEO PRODUKSI BATA RINGAN AAC FLYASH NON AUTOCLAVE

======================================
VIDEO PROSFEK USAHA BATA RINGAN AAC FLYASH NON AUTOCLAVE

PAKET KURSUS BATA RINGAN AAC NON AUTOCLAVE BISA SKALA KECIL, MODAL DI BAWAH 100 JT BIAYA Rp.2.000.000,- MENDAPAT PAKET BAHAN KIMIA, PEREAKSI, KONSENTRAT AL, RESEP & CARA MEMBUAT BATA RINGAN AAC, DESIGN ALAT POTONG MANUAL, DESIGN CETAKAN, KONSULTASI SAMPAI MAHIR.
BATA RINGAN YG DIHASILKAN BISA BERWARNA PUTIH, BJ 650 KG/M3, MENGAMBANG DI ATAS AIR, LEPAS CETAKAN 3 JAM.

INFO HUBUNGI :SUSANTO DARMADI IR.
AS: 085-320-605-622 ATAU 085-353-387-622
PIN BLACKBERRY : 741132C1

This entry was posted in PELUANG USAHA and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>