Seminar Bata Ringan ULC.

Thema :
Sukses buka Pabrik Bata Ringan ULC
Bahasan :

  • Apa itu Bata Ringan ?? Mengapa musti pakai Bata ringan ??
  • Perbedaan Bata Ringan CLC, AAC, NAAC Al pasta, ULC
  • Mengapa harus pilih produksi Bata Ringan ULC
  • Emang mudah bikin Bata ringan ULC ??
  • Biaya Investasi & biaya produksi bata ringan ULC

Target : Industri Rumah tangga, Pengembang, Pemborong bangunan & Pabrik kecil , menengah ataupun besar

Bata ringan AAC terbuat dari campuran pasir kuarsa, semen, kapur, sedikit gypsum, dan alumunium pasta. Bata ini adalah jenis bata yang dibuat secara modern di pabrik. Berbeda dengan bata merah konvensional yang dibuat secara manual oleh tangan-tangan pekerja. Bata ini menjadi idola para kontraktor bangunan dan mulai banyak digunakan di perumahan. Anda juga berminat menggunakan material ini? Sebelum itu, kenali dulu kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Bata Ringan atau Hebel (Celcon)
Ringan
Sesuai namanya, bata ringan memiliki bobot yang enteng sehingga tidak membebani struktur. Kalau memakai bata biasa, akan lebih sulit untuk melakukan penambahan lantai atau meningkat rumah, karena dikhawatirkan struktur tidak kuat. Sedangkan untuk bata ringan, resiko struktur tidak kuat lebih kecil.

Lebih tahan air
Bata yang dibuat di pabrik ini dinyatakan lebih kedap air, sehingga rumah akan lebih tahan terhadap cuaca hujan yang lembab.

Tidak perlu diplester
Bentuk bata ringan sangat halus karena dikerjakan oleh mesin pabrik yang memiliki standard produk. Karenanya, tampilan bata ringan yang sudah terpasang dengan sendirinya terlihat halus.Nyaris tidak dibutuhkan plasteran untuk bata ringan ini. Namun sebaiknya plasteran tetap dilakukan untuk melindungi material dinding dari rembesan air hujan dan cuaca buruk.

Pemasangan cepat
Karena bentuknya presisi dan pemasangan menggunakan mortar atau perekat instan, maka proses pengerjaan pasangan bata ringan ini lebih cepat. Ukurannya pun lebih besar, yaitu berdimensi 60 cm x 20 cm. Tebalnya bervariasi, mulai 7,5 cm sampai 15 cm.

Pemasangan lebih bersih
Berbeda dengan pengerjaan pasangan batu bata biasa yang membutuhkan campuran mortar dari pasir dan semen, hebel block hanya membutuhkan semen instan yang dicampur sedikit air. Hasilnya, pemasangan lebih bersih dan praktis, terhindar dari noda pasir yang berceceran.

Solusi menangani kekurangan AAC & CLC :
http://sigmacon.blogspot.co.id/2013/08/perbandingan-antara-bata-ringan-type.html?m=1

Estimasi investasi / modal untuk Pembuatan Pabrik AAC 800m3 per hari
http://arsitekdansipil.blogspot.co.id/2014/11/perhitungan-investasi-membuat-pabrik.html?m=1

Estimasi investasi / modal untuk pembuatan Pabrik CLC 5 – 15m3 per hari
http://www.mesinbataringan.com/
http://www.mesinbataringan.com/paketalatbataringan.php

@Mengenal Bata ringan ULC ( Ultra Light weight Concrete )
https://www.hindawi.com/journals/amse/2014/514759/

Mengapa harus pilih produksi Bata Ringan ULC ????

Dari tabel di atas kita tahu ada kendala dalam produksi bata ringan :

  1. Pemahaman yg kurang dari produsen ataupun konsumen tentang jenis bata ringan yg ada : produsen menganggap CLC dengan bj yg sama dengan AAC mempunyai kualitas kuat tekan yg sama, akhirnya karena tuntutan pasar yg menginginkan bj yg sama dengan AAC berat 8 – 8,5kg untuk ukuran 60x20x10cm ( bj 650-700kg/M3) , hal ini mengakibatkan CLC jadi rapuh / kuat tekan rendah & tidak laku di pasaran .
  2. Proses pembuatan CLC memerlukan durasi pengadukan & pencampuran foam yg cukup lama sekitar 60 menit untuk satu batch produksi demikian juga untuk proses curing / pengerasan & pengeringan perlu waktu 1 – 2 Minggu
  3. CLC berwarna abu-abu sebab dengan penambahan kapur akan menambah rapuh & berat jenis meningkat . Kurang cocok menggunakan kapur.
  4. Untuk memproduksi AAC yg efisien & menguntungkan diperlukan investasi yg sangat besar sekitar 47,811 milyar rupiah untuk produksi 800m3 per hari ( Estimasi investasi / modal untuk Pembuatan Pabrik AAC 800m3 per hari
    http://arsitekdansipil.blogspot.co.id/2014/11/perhitungan-investasi-membuat-pabrik.html?m=1 ) sehingga hanya pemodal besar yg bisa bermain.
  5. Investasi / Permodalan CLC minimal sekitar 150 JT untuk produksi 5m3 per hari

Dari permasalahan di atas maka perlu dicari solusi sistem baru Pembuatan bata ringan :
Saya menawarkan sistem ULC ( @Mengenal Bata ringan ULC ( Ultra Light weight Concrete )
https://www.hindawi.com/journals/amse/2014/514759/ )
ULC adalah sistem pembuatan bata ringan dengan mempergunakan katalis khusus bata ringan ULC yg bereaksi dengan aktifator & stabilizer. Semua bahan ini mengakibatkan rangkaian reaksi kimia ketika semua bahan disatukan membentuk kristal yg berpori2.

ULC bisa diatur ukuran porinya tergantung stabilizer yg digunakan , meskipun pori² berukuran besar kekerasan / kuat tekan tetap memadai sehingga bj di bawah 500kg/M3 tetap keras

ULC mempunyai daya serap air yg rendah sehingga dapat mengambang di air lebih lama

ULC lebih cepat curing / mengeras sebab terjad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *